Perbedaan Wearpack dengan Coverall

Perbedaan Wearpack dengan Coverall – Dalam suatu pekerjaan pasti memiliki seragam dimana seragam ini dijadikan sebagai identitas yang mana seragam dapat mencerminkan bagaimana perusahaan atau instansi tersebut. Dimana identitas yang kuat akan memberikan kekuatan ingatan kepada masyarakat jika pakaian atau seragam tersebut mereka lihat mereka akan langsung teringat dengan instansi atau organisasi yang berkaitan. 

Seragam merupakan seperangkat pakaian yang biasanya dikenakan oleh anggota atau pekerja di suatu instansi baik seragam pria ataupun wanita untuk berpartisipasi dalam kegiatan pada instansi atau organisasi terutama resmi. Seragam yang digunakan haruslah nyaman, pas, elegan, dan juga berkualitas pastinya.

Seragam memiliki perbedaan dalam penggunaannya, ada yang digunakan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Untuk seragam kerja luar ruangan yang biasa digunakan oleh pekerja tambang, proyek, dan sejenisnya yakni seragam wearpack. Namun, ada juga yang menggunakan coverall. Lalu, apa perbedaan wearpack dengan coverall. Mari kita bahas.

Wearpack merupakan jenis dari seragam kerja yang bagian atasan dan bawahan terpisah. Dimana, pakaian lapangan seperti ini digunakan oleh para pekerja yang berada di lingkungan industri yaitu perminyakan, pertambangan, teknik konstruksi alat-alat berat, dan sebagainya. Jenis pakaian wearpack harus menggunakan bahan kain khusus, yaitu pakaian harus menggunakan bahan yang aman bagi keselamatan pekerja, seperti menghindari bahan rayon bila pekerja sedang berada di lingkungan yang mudah terbakar.

Perawatan seragam atau pakaian kerja jenis wearpack ini juga harus diperhatikan, antara lain:
  • Setelah digunakan, simpan wearpack di tempat yang memiliki udara yang sejuk tapi tidak lembab. Hal ini dilakukan agar pakaian tidak mudah tumbuh jamur.
  • Diharuskan untuk menyimpan dengan posisi tergantung supaya asesoris penting tidak mudah rusak, seperti bagian scotlight, apabila rusak maka fungsi pencahayaannya akan berkurang bila digunakan pada tempat dengan pencahayaan kurang.
  • Jangan terlalu sering untuk mencuci pakaian jenis ini, cucilah seperlunya saja.

Baca Artikel Lain : Konveksi Semarang, Jenis-jenis Ukuran Pada Pakaian

Sedangkan coverall merupakan salah satu jenis dari pakaian workwear. Hampir sama dengan wearpack, pakaian ini merupakan pelindung yang paling nyaman untuk digunakan oleh para pekerja. Dimana pakaian ini biasanya didesain dengan bagian atasan dan bawahan menyatu menjadi satu. Dengan itu para pekerja mudah dalam bergerak saat melakukan kegiatannya. Pakaian ini digunakan oleh para pekerja seperti pekerja tambang, mekanik, engineer kereta api, pekerja manufaktur dan sebagainya.

Perawatan seragam atau pakaian kerja jenis coverall juga harus diperhatikan, antara lain:
  • Mencuci dengan menggunakan air dingin dan menggunakan detergen.
  • Setelah dicuci keringkan atau dijemur di bawah sinar matahari langsung atau dengan pengering serta dipastikan kering sempurna.

Itulah perbedaan wearpack dengan coverall. Semoga sedikit ilmu ini bermanfaat untuk kita semua. 

© 2022 Moko Garment. All rights reserved.
chevron-down-circle linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram