Memilih kombinasi warna menggunakan color wheel

MOKO.CO.ID – Untuk memilih kombinasi warna anda dapat menggunakan alat bantu yang dinamakan color wheel. Penggunaan color wheel ini sangat membantu, ketika anda ingin membuat perpaduan warna yang memuaskan mata. Seperti perpaduan warna pakaian yang dapat anda lihat pada katalog pakaian di moko.co.id

Color wheel (Roda Warna)

Tutorial Cara Menggunakan Color Wheel
Gambar ini adalah contoh dari color wheel (roda warna). Anda dapat menemukan lebih banyak variasi dari color wheel di internet.

 

Memilih warna menggunakan color wheel atau roda warna, dapat membantu orang-orang yang tidak tahu bagaimana cara memilih warna yang tepat. Beberapa orang profesional dapat memilih warna menggunakan insting mereka. Jika Anda mengamati kombinasi warna yang mereka buat, Anda akan melihat hasilnya tidak berbeda jauh dengan menggunakan color wheel. Hanya saja mereka membuatnya menggunakan insting. Dibutuhkan pengalaman bertahun-tahun untuk mengasah insting tersebut.

“Jika anda ingin melatih kepekaan insting terhadap kombinasi warna.” Anda dapat melatihnya  menggunakan color wheel. Kami akan menunjukkan beberapa cara umum untuk memadukan warna menggunakan color wheel :

Kombinasi Warna Umum Pada Color Wheel

Berikut ini merupakan beberapa kombinasi warna yang umum digunakan pada color wheel.

Kombinasi Warna Berdekatan (Analogous)

Kombinasi ini adalah warna-warna yang terletak di kedua sisi dari warna tertentu. Skema warna ini sering ditemukan di alam. Kombinasi warna ini adalah yang paling harmonis dari semua kombinasi warna.

colour wheel kombinasi warna berdekatan 2

Pilih satu warna dan ambil satu warna yang berdekatan dengan warna tersebut.

colour wheel kombinasi warna berdekatan 3

Atau jika memilih 3 warna, pilih satu warna dan ambil dua warna yang berdekatan dengan warna tersebut.

Dengan cara ini anda bisa mendapatkan perpaduan 3 hingga 6 warna sekaligus.

Kombinasi Warna Pelengkap (Complementary)

Warna-warna pelengkap adalah warna yang secara langsung berhadapan atau bertolak belakang pada color wheel. Kombinasi ini memiliki tingkat kontras yang tinggi. Oleh sebab itu, kombinasi ini bukan hanya mudah dibuat, tetapi kombinasi ini juga yang paling menantang.

colour wheel kombinasi warna complementary

Pilih satu warna, kemudian ambil satu warna yang berhadapan atau bertolak belakang dengan warna tersebut.

Kombinasi Warna Pelengkap Terpisah (Split Complementary)

Kombinasi Warna Pelengkap Terpisah merupakan variasi dari kombinasi warna pelengkap. Kombinasi ini dapat membuat pakaian dengan kontras tingkat tinggi. Namun tidak seekstrim kombinasi warna pelengkap. Hal ini juga menghasilkan harmoni yang lebih besar daripada penggunaan kombinasi warna pelengkap secara langsung.

colour wheel kombinasi warna split complementary

Pilih satu warna pelengkap dan dua warna berdekatan dengan salah satu warna pelengkap yang dihilangkan. Sehingga kombinasi warna ini menyerupai huruf Y.

Kombinasi Warna Triadic

Kombinasi triadic adalah kombinasi tiga warna berjarak sama pada color wheel. Ketika dipadukan, kombinasi warna triadic cenderung memiliki kesan semangat. Bila Anda ingin pakaian warna-warni, namun tetap seimbang. Menggunakan kombinasi triadic adalah cara yang tepat.

colour wheel kombinasi warna segitiga

Kombinasi warna Triadic ini memiliki jarak warna yang sama satu sama lain. Pilih satu warna, kemudian berikan jarak 3 warna sebagai pemisah pada masing-masing warna tersebut. Sehingga akan terbentuk seperti segitiga sama sisi.

Variasi Kombinasi Warna Color Wheel

Selain kombinasi warna di atas, ada juga beberapa cara lain. Yang merupakan variasi dari cara umum di atas. Kombinasi warna ini dapat anda jadikan alternatif. Terutama jika anda akan memadukan beberapa warna pada pakaian anda.

Kombinasi Warna Berdekatan Terpisah (Split Analogous)

Kombinasi ini sama dengan kombinasi warna berdekatan. Hanya saja kombinasi ini menggunakan jarak satu warna untuk memisahkan beberapa warna yang dipadukan.

colour wheel kombinasi warna berdekatan terpisah 2

Pilih satu warna, berikan jarak satu warna, kemudian ambil satu warna yang berdekatan dengan warna tersebut.

colour wheel kombinasi warna berdekatan terpisah 3

Lakukan hal yang sama untuk kombinasi 3 warna yaitu dengan memberikan jarak masing-masing satu warna.

Kombinasi Warna berdekatan dan beraksen (Accented Analogous)

Kombinasi warna ini sama seperti dengan kombinasi warna berdekatan dengan 3 warna. Kemudian ditambahkan penekanan/aksen dengan menambahkan warna pelengkap dari warna tengah.

colour wheel kombinasi warna berdekatan beraksen

Pilih satu warna, ambil 2 warna yang berdekatan dengan warna tersebut, Kemudian tambah dengan warna pelengkapnya.

Kombinasi Warna tetrad (Double Complementary)

Kombinasi ini merupakan kombinasi warna pelengkap ganda.

colour wheel kombinasi warna tetrad

Pilih kombinasi warna pelengkap yang pertama. Kemudian tambahkan jarak satu warna. Lalu ambil kombinasi pelengkap yang kedua. Sehingga pasangan kombinasi tersebut terlihat seperti persegi panjang.

Kombinasi Warna Persegi (Square)

Kombinasi warna ini memiliki fungsi yang sama dengan kombinasi warna triadic. Namun perbedaannya pada jumlah warna dan jarak pemisah yang dipakai.

colour wheel kombinasi warna persegi

Pilih satu warna, kemudian berikan jarak 2 warna sebagai pemisah pada masing-masing warna tersebut. Sehingga akan terbentuk seperti persegi.

Kombinasi warna lain Color Wheel

Selain kombinasi warna yang dijelaskan di atas, ada juga beberapa cara lain untuk memadukan warna.

Kombinasi satu warna (Monochromatic)

Kombinasi warna yang mudah untuk dibuat, tetapi juga sering terlihat tidak menarik. Kombinasi warna ini hanya terdiri dari satu warna. Mengenakan pakaian yang seluruhnya biru, merah muda, hijau, dll. Hal ini bukanlah pemandangan yang sering Anda lihat.

Tetapi jika anda membuatnya dengan benar. Anda dapat terlihat sangat keren. Cara terbaik untuk terlihat menarik dengan satu warna adalah untuk mencampur berbagai elemen bersama warna tertentu seperti saturasi, rona, atau warna dan desain elemen seperti tekstur atau struktur kain.

kombinasi monochromatic

Namun, menyarankan agar tidak menggunakan skema monokromatik sepenuhnya, karena ada resiko monoton. Kami menyarankan Anda untuk mengekspresikan gaya anda dengan menggunakan beberapa warna.

Kombinasi warna netral

Kombinasi warna netral adalah kombinasi mirip dengan monochromatic. Hanya saja, warna yang Anda gunakan netral. Mulai dari hitam menjadi putih. Berbagai nuansa abu-abu disatukan dapat membuat tampilan yang sangat elegan. Kombinasi warna ini efisien pada pakaian. Tetapi juga mudah terlihat membosankan.

Bicara tentang menggunakan hitam dan putih. Hitam dan putih bukan warna. Dalam fashion mereka ditempatkan pada kategori netral. Seperti halnya krem, abu-abu, dll. Coklat juga merupakan warna netral dalam fashion. Dalam fashion, perak dan emas juga netral. Sehingga Anda dapat memadukan mereka. Meskipun bukan sesuatu yang umum.

Sebenarnya, Kami ingin menyarankan anda, agar tidak memakai kombinasi dari warna netral saja. Tetapi kami juga perlu mengatakan bahwa hitam dan putih adalah satu-satunya kombinasi warna netral terbaik.

Bagaimana mudah bukan? Menggunakan color wheel ini selain memudahkan dalam memadukan warna. Juga dapat meningkatkan insting seniman dalam diri anda.

MOKO KONVEKSI
Uniform Design & Production

Kantor : (024) 866 3649
Alamat Email :
mokokonveksi@gmail.com
moko_semarang@yahoo.com

Ph/WA : 081-393-668-448
BB PIN : D9DC19EC

Ph/WA : 082-165-084-064
BB PIN : D967121A

Kantor Kami beralamat di :
Jl. Mangkang Wetan No.29
Semarang – Jawa Tengah 50156

Apakah anda memiliki cara yang lebih mutakhir daripada cara-cara tersebut? Anda dapat membagikan cara terbaik anda dalam menggunakan color wheel dalam kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *