Memadukan Kombinasi Warna Pada Pakaian

Tutorial Memadukan Kombinasi Warna Baju Kerja

MOKO.CO.ID – Memilih kombinasi warna pakaian itu penting, ketika akan membuat kesan pertama yang baik. Terutama jika anda akan bertemu dengan client, customer, mengikuti event, bekerja di tempat baru, menyambut tamu penting atau kegiatan lainnya. Karena kebanyakan orang lebih cepat memperhatikan warna daripada aspek lain dari tampilan anda.

Melalui warna, anda dapat menyampaikan banyak hal. Tentang diri anda atau ingin seperti apa anda terlihat. Hal ini secara tidak langsung menyampaikan berbagai hal menarik kepada orang lain. Seperti kegemaran anda, suasana hati (mood), pola pikir, kontrol emosi, selera fashion dan lain sebagainya.

Apakah itu sekedar memilih warna ?

Tentu bukan sekedar memilih warna secara acak. Karena kesalahan memilih kombinasi warna, akan menyampaikan pesan yang salah pada penerimanya. Hal itu seperti anda ingin mengucapkan huruf “A”, tapi terdengar seperti huruf “Z”. Melenceng cukup jauh dari yang diharapkan.

Maka dari itu kami akan memandu anda untuk membuat kombinasi warna menarik dan enak dipandang mata.

Jumlah Kombinasi Warna

Berapa banyak warna yang akan anda pakai ?

Jumlah warna yang akan dipadukan | Berapa banyak warna yang akan anda pakai ?

Ada berapa banyak? Satu warna, dua warna atau mungkin 10 warna untuk dikombinasikan? Sulit memberikan jawaban tepat untuk pertanyaan itu. Tetapi, umumnya terlalu banyak warna lebih beresiko, daripada sedikit warna yang dipakai.

Terlalu banyak warna membuat anda terlihat ramai, sesak dan tidak enak dipandang mata. Karena banyak warna menuntut perhatian masing-masing. Sehingga akan melelahkan mata yang memandang.

Di sisi lain, dengan memakai sedikit warna, membuat anda terlihat biasa saja dan membosankan.

Aturan Umum yang bisa anda pakai.

Dalam memadukan warna pakaian, ada aturan umum yang dapat anda gunakan. Yaitu menggunakan 3 warna. Anda akan membutuhkan:

– Warna Pertama. Warna yang berfungsi sebagai warna dasar. Warna ini adalah warna utama pakaian. Warna ini menutupi sebagian besar area dan mengatur nada pada pakaian secara keseluruhan. Misalnya : Setelan jas hitam.

– Warna Kedua. Warna ini adalah warna yang hadir sebagai cadangan dari warna dasar. Warna ini harus cukup mendekati warna dasar atau menjadi warna yang membuat kontras yang bagus dengan warna dasar. Misalnya : Setelan jas hitam sebagai warna pertama dengan kemeja putih sebagai warna kedua pada pakaian.

– Warna Ketiga. Warna ini adalah warna yang digunakan untuk menekankan bagian-bagian tertentu dari pakaian anda. Biasanya warna yang lebih kontras dengan warna pertama dan warna kedua. Oleh sebab itu, harus digunakan seperlunya saja.

Memilih Kombinasi Warna

Menggunakan Insting

Menggunakan insting dalam memilih kombinasi warna itu wajar bagi senior yang berpengalaman, bukan untuk seorang pemula. Karena untuk pemula, kombinasi apapun yang dibuat akan terlihat bagus(dimatanya). Meskipun kualitas hasilnya masih dipertanyakan.

Insting memilih kombinasi warna dapat dilatih menggunakan metode yang sederhana. Seperti melihat-lihat desain karya orang lain. Semakin banyak anda melihat kombinasi warna dari desain-desain tersebut. Anda akan menemukan banyak kombinasi warna yang bagus. Sehingga anda bisa mendapatkan kepekaan insting dalam memadukan warna secara bertahap. Tentu hal ini membutuhkan waktu dan tidak bisa didapatkan secara instan.

Alat Bantu

Menggunakan insting dalam memilih warna tentu sangat sulit bagi yang tidak berpengalaman. Maka dari itu, anda dapat menggunakan alat bantu untuk memilih kombinasi warna menggunakan color wheel. Karena, alat ini biasa dipakai oleh seniman dalam memilih kombinasi warna. Sehingga kombinasi yang anda buat dapat memiliki nilai seni yang tinggi.

Lanjutkan Membaca : Belajar Menggunakan Color Wheel Untuk Memadukan Warna →

Penyesuaian Suasana

Penempatan kombinasi warna dengan situasi yang sesuai, akan memperkuat kesan yang dimiliki oleh warna-warna tersebut.

– Jika anda ingin pergi ke tempat dengan situasi formal. Gunakan kombinasi warna gelap. Karena jenis warna tersebut memberikan kesan formal. Sehingga anda akan terlihat lebih berkelas dengan kombinasi tersebut.

– jika anda ingin pergi berlibur, berolah raga atau kegiatan menyenangkan lainnya. Gunakan kombinasi warna cerah. Karena kombinasi ini akan memberikan kesan gembira. Serta dapat menambah semangat anda.

Dan jika anda salah menempatkan kombinasi dengan situasinya. Orang yang melihat akan menganggap anda aneh. Itu sebabnya kami katakan di awal, agar anda tidak asal-asalan dalam memilih warna. Sebagai referensi anda dapat melihat beberapa contoh penggunaan kombinasi warna yang bagus pada halaman katalog pakaian.

MOKO KONVEKSI
Uniform Design & Production

Kantor : (024) 866 3649
Alamat Email :
mokokonveksi@gmail.com
moko_semarang@yahoo.com

Ph/WA : 081-393-668-448
BB PIN : D9DC19EC

Ph/WA : 082-165-084-064
BB PIN : D967121A

Kantor Kami beralamat di :
Jl. Mangkang Wetan No.29
Semarang – Jawa Tengah 50156

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk tampil prima dengan perpaduan kombinasi warna favorit mereka. Mungkin anda dapat berbagi sedikit tentang Kombinasi warna apa yang paling anda sukai? Isikan kombinasi warna tersebut pada kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *