Konveksi Bordir Komputer

MOKO.CO.ID - Konveksi yakni salah satu bisnis usaha dimana usaha ini bergerak dalam bidang jasa pembuatan pakaian yang pengelolanya yaitu dari pihak perorangan. Perusahaan konveksi seperti ini mempunyai jumlah karyawan yang terbilang masih cukup sedikit dan juga penggunaan mesin jahit yang terbatas. Dimana untuk skala pemesanan di perusahaan konveksi masih dibawah 500 potong saja. Konveksi biasanya memproduksi pakaian jika ada pemesanan dari konsumen saja serta tidak memproduksi pakaian sendiri dengan jumlah yang relatif besar untuk diperjualbelikan kepada konsumen. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perusahaan konveksi yaitu mulai dari mesin jahit dengan kecepatan tinggi, mesin potong, setrika uap dan listrik, mesin press uap, mesin bordir, hingga mesin pelubang dan pemasang kancing.

Sedangkan mesin bordir yakni suatu alat yang digunakan untuk melakukan bordir atau menyulam tanpa menggunakan tangan atau secara manual. Bordir biasanya berupa pola di atas kain dengan menggunakan benang. Dengan menggunakan mesin bordir pekerjaan konveksi dalam hal menghias desain pakaian yang dibuat menjadi lebih menarik lagi dan menambah nilai jual dari pakaian yang dibuat. Mesin bordir memiliki dua jenis yaitu jenis yang manual dan komputer. Kedua jenis mesin itu memiliki perbedaan-perbedaan hingga kelebihan dan kekurangan.

Baca Artikel Lain : Jasa bordir komputer di Semarang

Mesin bordir manual

Proses bordir yang dilakukan dengan mesin manual yakni dengan mulai serancang gambaran dengan pensil pada bidang yang akan dibordir yang dilakukan border dengan mesin. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari mesin border manual, sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Tidak perlu melakukan pengaturan dan merancang pada mesin bordir.
  • Relatif cocok bila jumlah pengerjaan relative sedikit.
  • Proses persiapan yang dikakukan akan lebih singkat dibandingkan dengan cara bordir dengan menggunakan mesin komputer.
  • Mempunyai nilai keunikan tersendiri.

Kekurangan:

  • Kemungkinan dari terjadinya suatu kesalahan saat melakukan pembordiran relative mudah terjadi.
  • Hasil yang didapatkan kurang akurat untuk bordir model.
  • Waktu yang dibutuhkan relative lebih banyak untuk mengerjakan produk dengan jumlah banyak.
Mesin bordir komputer

Hiasan pada sebuah kain atau pakaian dikerjakan dengan menggunakan sebuah perangkat lunak atau software pada sebuah komputer atau laptop. Dengan menggunakan mesin bordir komputer, hasilnya akan lebih baik daripada dilakukan dengan manual. Berikut kelebihan dan kekurangan dari mesin bordir komputer, sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Produk yang dihasilkan akan lebih akurat, sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya.
  • Pengerjaan yang dilakukan akan cepat dibandingkan dengan mesin yang manual, semuanya akan dikerjakan secara otomatis menggunakan mesin bordir komputer.
  • Penggunaanya sangat cocok digunakan untuk melakukan bordir dalam jumlah produk atau pakaian yang banyak.

Kekurangan:

  • Operator mesin bordir harus mempunyai keterampilan untuk mendesain dan mengoperasikan perangkat komputer, jika tidak maka akan kesulitan dalam mendesain suatu bordir.
  • Pengaturan mesin bordir komputer ini relative rumit, apalagi jika pengaturannya mempunyai tingkat kerumitan yang tinggi pula.

Kami siap membantu anda dalam pembuatan pakaian segala jenis dan desain sesuai keinginan anda. Kunjungi kami di moko.co.id