fbpx

Kaos Sablon

MOKO.CO.ID – Kaos sablon merupakan salah satu fashion yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Diantara sekian banyak jenis pakaian, bisa jadi kaos sablon ada di dalam lemari anda. Tak peduli pria maupun wanita baik dari kalangan anak-anak, remaja bahkan dewasa. Desain gambar sablon yang menarik, penuh dengan warna dan penuh dengan kreatifitas. Hal ini membuat kaos sablon menjadi bagian yang tidak bisa dilewatkan dari koleksi pakaian anda.

Desain Kaos Sablon

Macam Macam Jenis Sablon Kaos

1. Sablon Rubber
Sablon yang paling banyak digunakan. Sablon ini bisa digunakan untuk kaos berwarna gelap maupun terang. Karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain, serta memiliki tingkat kerapatan yang baik. Untuk dasar kain yang melar dibutuhkan ramuan khusus agar sablon dapat mengikuti kelenturan kain dan tahan lama. Sablon rubber juga bisa dipakai sebagai underbase, selain fungsi utamanya sebagai bahan sablon. Underbase merupakan sebutan untu tinta dasar guna menutup warna kain sebelum proses sablon warna yang lain. Underbase umumnya dipakai pada kaos warna gelap, khususnya kaos hitam. Sablon rubber juga lebih awet sehingga tidak mudah rusak apabila disetrika. Terlebih jika dilapisi dengan coating, otomatis cat rubber akan semakin lentur dan sangat awet.

2. Sablon Pigment
Sablon pigmen merupakan sablon yang biasa dipakai untuk kaos berwarna terang. Karena karakternya yang tipis dan mudah menyerap kedalam kain, membuat kaos dengan sablon pigmen memiliki tekstur senantiasa terlihat meskipun telah disablon. Warna yang diproduksi dari cat pigmen bersifat rata dan lebih solid daripada tinta lain. Selain itu, sablon pigmen sangatlah cocok digunakan pada desain kaos berukuran besar atau lebar karena hanya menggunakan sedikit tinta. Sayangnya, bahan sablon ini tidak dapat digunakan pada kain kaos dengan warna gelap. Ini dikarenakan karakternya yang sulit mengalahkan karakter pemberi warana serat kaos. Otomatis, warna dari tinta pigmen pun tidak terlihat.

3. Sablon Plastisol
Cat sablon yang berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Akan tetapi sablon plastisol memiliki harga yang tinggi, baik dari bahan baku maupun biaya peralatan. Dalam tahap pengeringan, sablon plastisol membutuhkan kurang lebih suhu 180ºC, untuk memberikan hasil yang maksimal. Sehingga wajar jika sablon plastisol membutuhkan alat tambahan pada proses pengeringan. Setidaknya dibutuhkan beberapa peralatan seperti flash curing, conveyor curing, hot gun dan sinar infra merah.

4. Sablon Superwhite.
Sablon ini hampir mirip dengan sablon pigment, tetapi sablon superwhite sedikit lebih tebal. Sablon superwhite digunakan untuk bahan kaos gelap dan terang. Sablon ini juga mampu menembus serat kain dengan karakteristik handfeel yang sangat soft atau lembut apabila disentuh dan memiliki teksture yang tipis. Namun tinta sablon cenderung lebih transparan. Effect sablon yang dihasilkan tidak bisa tajam, cenderung natural atau vintage. Setidaknya ada dua jenis varian dari tinta sablon superwhite, yakni white untuk tinta warna putih serta color untuk tinta warna yang lain.

5. Sablon Glow in the dark
Sablon dengan bahan Fosfor yang menyala saat kaos berada di tempat gelap. Warna glow yang paling umum digunakan adalah warna biru dan hijau. Untuk jenis sablon ini, kami menyarankan untuk menggunakan kaos dengan warna dasar yang gelap. Supaya dapat menghasilkan efek glow yang lebih kuat.

6. Sablon Reflektif
Cat sablon dengan bahan fluorescence yang akan menyala pada tempat yang redup jika kaos disinari oleh sebuah sumber cahaya. Cara kerjanya hampir sama seperti scocthlite reflective.

7. Sablon Discharge / Cabut Warna
Sablon dengan kemampuan menipiskan atau menghilangkan warna dasar kaos. Kemudian mengubahnya dengan warna tinta sablon baru sesuai dengan kebutuhan.

8. Sablon Flocking
Sablon yang dilapisi beludru dengan teksture seperti kain, halus, berbulu tipis, dan timbul.

9. Sablon Foam / Cat timbul / Puff Print
Sablon yang terlihat seperti busa yang menggelembung pada kaos. Sablon ini memerlukan proses pemanasan untuk membuat tintanya mengembang dengan efek timbul.

10. Sablon Foil
Sablon ini menggunakan kertas berbahan logam yang umumnya memiliki warna silver atau gold. Sehingga membuat desain sablon anda memiliki kilauan mewah seperti logam tersebut.

11. Sablon Glitter
Jenis sablon yang menggunakan tinta yang di campur dengan serbuk metalik berwarna. Sablon ini menghasilkan kesan serpihan kecil yang berkilau pada desain sablon anda.

Perpaduan Warna Sablon dan Kaos

Memilih perpaduan warna sablon dan warna kaos itu penting ketika akan membuat kaos sablon. Karena hal ini dapat menentukan apakah kaos sablon yang anda buat berhasil atau tidak. Caranya dengan mencocokkan warna dominan/terbanyak pada desain sablon dengan warna dasar dari kaos yang akan disablon. Sebagai referensi kami telah menyiapkan tabel pencocokannya. Dimana anda dapat melihat kecocokan antara warna sablon dan warna kaos.

Dalam tabel ini fokus warnanya terbagi dalam 5 kategori warna: Warna putih, Warna hitam, Warna Muda(pink, abu muda, biru muda, hijau muda, cream, ungu muda, salem, warna pastel, dsb), Warna Sedang(hijau, biru, kuning kenari, kuning emas, orange, merah bendera, dsb) dan Warna Tua(merah maroon, coklat tua, hijau tua, biru dongker/navy, abu tua, dsb). Dan berikut tabel pencocokan nya :

Keterangan :

(0) : Perpaduan warna yang dihasilkan memiliki kontas yang sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada sama sekali. Sehingga membuat desain sablon anda sangat sulit dilihat.
(1) : Perpaduan ini bisa dibilang paling aman untuk memastikan desain sablon anda terlihat jelas.
(2) : Perpaduan ini cukup aman untuk membuat desain sablon anda terlihat. Tetapi ada beberapa warna yang mungkin kurang bagus jika dipadukan. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan pencocokan warna terlebih dahulu.
(3) : Perlunya pencocokan warna pada perpaduan ini bukannya tanpa alasan. Tetapi karena banyaknya karakteristik warna yang mungkin tidak akur. Bahkan untuk warna netral seperti warna putih dan hitam. Maka dari itu, anda perlu melihat dulu apakah warna yang ingin anda kombinasikan sesuai dengan selera anda atau tidak.
(4) : Perpaduan warna ini sebaiknya dihindari. Karena sebagian besar perpaduan warnanya hanya memiliki sedikit kontras. Namun jika anda masih ingin mencobanya, anda perlu mencocokkan warnanya dulu.

Pemesanan Kaos Sablon

Kami menawarkan pemesanan kaos secara custom yang dirancang hanya untuk Anda. Berbagai kaos kami dapat disesuaikan dengan sablon untuk membuat kaos anda lebih unik. Anda juga dapat melakukan pemesanan Kaos dengan desain yang terdapat pada katalog desain kami.

 

MOKO KONVEKSI
Uniform Design & Production

Kantor : (024) 866 3649
Alamat Email :
mokokonveksi@gmail.com
moko_semarang@yahoo.com

LULUK

Ph/WA : 082-165-084-064
BB PIN : D967121A

THARRY

Ph/WA : 081-393-668-448
BB PIN : D9DC19EC

Kantor Kami beralamat di : Jl. Mangkang Wetan No.29 Semarang – Jawa Tengah 50156

Ketentuan : minimal jumlah pemesanan adalah 24 pcs per desainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *