Manfaat Menjaga Hubungan Jangka Panjang Dengan Supplier

manfaat menjaga hubungan jangka panjang dengan supplier

MOKO.CO.ID – Hampir tidak ada perusahaan/bisnis yang dapat memenuhi kebutuhannya secara langsung. Tanpa berbagai produk dan jasa tidak langsung dari perusahaan lain. Mulai dari kebutuhan logistik, peralatan kerja, perlengkapan kantor hingga kebutuhan layanan bisnis (misalnya : perbankan, asuransi, konsultan, kontraktor, pengadaan dan lain-lain). Oleh karena itu kehadiran supplier sangat penting untuk hampir setiap bisnis.

Sehingga kebanyakan perusahaan membina hubungan jangka panjang yang kuat dengan supplier. Hubungan strategis yang saling menguntungkan merupakan langkah penting dalam meningkatkan kinerja seluruh rantai pasokan, efisiensi biaya dan memajukan perkembangan bisnis.

Keuntungan Menjaga Hubungan Dengan Supplier

Menghemat biaya

Biasanya kontrak besar membutuhkan biaya awal yang sangat besar. Dengan menyelesaikan penawaran yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Hal ini, menguras banyak waktu dan biaya.

Dengan fokus membangun dan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan supplier. Biaya tersebut dapat diimbangi, dengan kedua belah pihak menghindari biaya yang tidak perlu. Salah satunya adalah biaya yang mungkin timbul dari tender ulang, re-negosiasi atau dipaksa keluar dari kontrak awal.

Hubungan yang lebih baik akan mengurangi insiden atau kinerja yang buruk. Sehingga dapat menghemat biaya untuk mengelola hubungan dengan supplier dan mengurangi biaya dari kegagalan.

Menguatkan Rantai Pasokan

Seiring dengan berkembangnya hubungan bisnis dengan supplier. Demikian juga pemahaman pembeli akan meningkat tentang model bisnis supplier, produk-produknya dan jasa-jasa yang ditawarkan. Sebagai gantinya supplier akan meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan pembeli. Hal ini memungkinkan kedua belah pihak untuk mencari daerah konsolidasi seluruh produk dan jasa yang ada. Serta potensi penawaran tambahan produk dan layanan baru.

Untuk pembeli, konsolidasi tersebut memungkinkan untuk pengurangan jumlah supplier, serta menciptakan rantai pasokan yang lebih sederhana dan efisien. Hal ini dapat mengurangi beban kerja internal dan biaya ringan, sekaligus meningkatan kesempatan untuk mengurangi biaya dan mengatur pengeluaran melalui skala ekonomi.

Meningkatan efisiensi dan komunikasi

Semakin lama supplier menyediakan kebutuhan pelanggan. Mereka akan lebih baik dalam memahami pasar pelanggan, bisnis pelanggan dan alur proses bisnis yang akan datang. Hal ini memungkinkan integrasi yang lebih besar dari proses bisnis, teknologi informasi dan keuangan untuk meningkat keterlibatan pemangku kepentingan yang efektif dari kedua belah pihak. Sehingga akan meningkatkan layanan menjadi lebih efisien dan masalah yang timbul dapat ditangani lebih efektif.

Perbaikan Berkesinambungan

Hubungan jangka panjang memberi kesempatan bagi pembeli untuk terlibat dengan supplier dalam proses perbaikan berkesinambungan. Seperti Perbaikan produk dan layanan yang disediakan dan tingkat layanan yang menyertainya.

Hal ini dapat dicapai melalui pengembangan produk, pengembangan proses dan prosedur baru dan melalui pengembangan Key Performance Indicator(KPI) dan service-level agreement(SLA) selama kontrak berlangsung. Dengan mengambil pendekatan aktif untuk memastikan bahwa kinerja kontrak terpenuhi. Pembeli dapat memastikan bahwa pemasok terus meningkatkan dalam cara yang memberikan peningkatan yang paling besar untuk produk dan layanan organisasi pelanggan.

Mengurangi volatilitas Harga

Volatilitas harga merupakan faktor sensitif bagi sebagian besar tim pengadaan. Hal ini membutuhkan pertimbangan volatilitas harga terhadap volume, lama kontrak dan pentingnya produk/jasa untuk bisnis.

Bagi banyak perusahaan sangat penting untuk menetapkan berapa banyak volatilitas yang dapat diserap? Apakah lebih baik untuk memiliki kontrak dengan harga tinggi yang stabil atau bisnis menangani volatilitas sendiri namun ada kemungkinan penurunan harga?

Sebaliknya hal itu juga berlaku untuk supplier. Sehingga banyak supplier akan berkomitmen untuk lebih sederhana dan fleksibel pada model harga untuk kontrak jangka panjang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerugian dan mendapatkan balik modal mereka.

Dengan memperhatikan margin dan kepentingan mereka. Anda dapat melindungi orang-orang bisnis Anda. Kebijakan yang terbuka dan menegosiasikan margin  (kebalikan harga kontrak tetap) merupakan kesimpulan logis untuk kemitraan ini. Sehingga memungkinkan kedua belah pihak untuk mendapatkan keuntungan dari fluktuasi di harga dan pasar.

Memungkinkan Outsourcing

Hubungan dengan supplier terpercaya dapat memungkinkan bisnis anda untuk melakukan outsourcing pada kegiatan non kritis. Dimana kegiatan ini memungkinkan pembeli untuk memanfaatkan industri tertentu dan produk atau jasa keahlian, sekaligus mengurangi beban kerja internal dan meningkatkan efisiensi.

Contohnya dapat mencakup banyak hal. Mulai dari layanan bisnis kecil seperti pembuatan dokumen sampai layanan yang rumit seperti logistik dan manajemen rantai pasokan.

Suppiler Pakaian Perusahaan

MOKO KONVEKSI
Uniform Design & Production

Kantor : (024) 866 3649
Alamat Email :
mokokonveksi@gmail.com
moko_semarang@yahoo.com

Ph/WA : 081-393-668-448
BB PIN : D9DC19EC

Ph/WA : 082-165-084-064
BB PIN : D967121A

Kantor Kami beralamat di :
Jl. Mangkang Wetan No.29
Semarang – Jawa Tengah 50156

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *